logo

Aris Kurniawan

Hai! 🖐️ Salam kenal dan selamat datang ✌️ 🚀

Modul 7: Exploring Computer Input and Output

2023-10-09

Pada bagian pertama, artikel ini membahas komponen komputer yang digunakan untuk memasukkan data, seperti keyboard, perangkat pointing (misalnya, mouse), pen input (stilus dan tablet grafis), input berbasis gerakan, input suara (voice input), dan input video. Artikel ini juga mencakup perangkat pemindai (scanner) dan pembaca optik (optic reader) yang digunakan untuk membaca teks dan gambar.

Bagian kedua dari artikel ini membahas komponen komputer yang digunakan untuk menampilkan informasi. Ini mencakup tampilan visual (display) seperti monitor dan televisi digital, serta printer yang menghasilkan teks dan gambar pada media fisik. Artikel ini juga menjelaskan printer ink-jet, printer laser, printer 3D, printer all-in-one, dan printer mobile. Selain itu, komponen output lain seperti headphone, data projector, interactive whiteboard, joystick, dan pengontrol permainan juga dibahas.

Tentu, saya akan memisahkan contoh berdasarkan komponen input dan output sesuai dengan artikel "Modul Pengantar Teknologi Informasi - Modul 7: Input dan Output":

Komponen Input:

  1. Keyboard Ergonomis: Contoh input adalah keyboard ergonomis yang dirancang untuk mengurangi cedera regangan pergelangan tangan. Sebagai contoh, Microsoft Ergonomic Keyboard.

  2. Mouse Optik: Mouse optik adalah perangkat penunjuk yang digunakan sebagai input. Contoh nyata adalah "Logitech MX Master 3."

  3. Scanner Flatbed: Pemindai flatbed adalah perangkat input yang digunakan untuk memindai dokumen dan gambar. Contoh nyata adalah Epson Perfection V600.

  4. Stylus dan Graphics Tablet: Artikel menyebutkan penggunaan stylus pada graphics tablet sebagai perangkat input. Contoh contohnya adalah "Wacom Intuos Pro."

  5. Input Gerakan (Motion): Input gerakan atau gesture recognition memungkinkan pengguna untuk mengontrol elemen di layar dengan gerakan fisik. Contoh nyata adalah teknologi sensor gerakan seperti Leap Motion.

  6. Masukan Suara (Voice Input): Pengenalan suara atau speech recognition adalah contoh lain dari input. Contoh yang populer adalah asisten suara seperti Amazon Alexa atau Google Assistant.

  7. Masukan Video (Video Input): Artikel menyebutkan masukan video yang memungkinkan pengambilan gambar dan rekaman video. Webcam adalah contoh umum dari masukan video.

  8. Pemindai (Scanners): Pemindai adalah perangkat input yang digunakan untuk membaca teks dan gambar tercetak dan mengubahnya menjadi data digital. Contoh adalah pemindai flatbed dan pemindai bergerak.

  9. Pembaca Optik (Optic Reader): Artikel menyebutkan pembaca optik yang menggunakan cahaya untuk membaca karakter, tanda, dan kode. Optical character recognition (OCR) adalah contoh dari pembaca optik.

  10. RFID (Radio Frequency Identification): Artikel menyebutkan RFID sebagai perangkat input yang menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag pada objek. Contoh aplikasi RFID termasuk pelacakan barang di toko atau akses ke gedung dengan kartu pintar.

Komponen Output:

  1. Monitor Digital: Tampilan visual pada layar komputer adalah contoh komponen output. Contoh monitor digital termasuk "Dell Ultrasharp U2719DX."

  2. Printer: Printer adalah perangkat output yang menghasilkan teks dan gambar pada media fisik. Contoh printer termasuk "HP OfficeJet Pro 9025" (inkjet) dan "Brother HL-L2350DW" (laser).

  3. Printer 3D: Printer 3D adalah contoh unik dari perangkat output yang menciptakan objek tiga dimensi. "Creality Ender 3" adalah salah satu contoh printer 3D.

  4. Speaker dan Headphone: Speaker dan headphone adalah perangkat output audio. Contoh headphone termasuk "Sony WH-1000XM4."

  5. Proyektor Data: Data proyektor memproyeksikan tampilan komputer ke layar yang lebih besar. Contoh adalah "Epson PowerLite 1781W."

  6. Interactive Whiteboard: Interactive whiteboard adalah perangkat output yang responsif terhadap sentuhan dan digunakan dalam lingkungan pendidikan dan bisnis. Contoh adalah "SMART Board."

  7. Pengendali Permainan: Pengendali permainan seperti joystick, roda, gamepad, dan pengontrol permainan adalah contoh perangkat output saat mereka memberikan umpan balik saat bermain game. Contoh pengendali permainan termasuk "Xbox Wireless Controller" dan "PlayStation DualShock Controller."